Gelar Sistem Tata Kelola Desa, Pemkab Pohuwato Rangkul BPU UNG

HABARI.ID | Gelar pelatihan sistem tata kelola desa, Pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato rangkul Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Pada penerapannya, sistem tata Kelola desa ini, khusus untuk para kepala desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 55 desa di Kabupaten Pohuwato.

Rencananya, pelatihan ini akandigelar selama 5 hari kedepan dengan materi penggunaan aplikasi OpenBumdes, dan penyusunan Rencana Pembangunan Menengah Desa (RPJMDes).

“Ini merupakan wujud nyata dari implementasi terkait penguatan kapasitas desa yang menjadi program unggulan dari UNG,” ucap Rektor UNG, Eduart Wolok saat memberikan sambutan pada kegiatan yang bertempat di Ballroom Hotel TC Damhil UNG tersebut.

Lebih lanjut, Eduart mengungkapkan pada pelaksanaan kegiatan ini merupakan sebuah langkah awal. Olehnya, hal ini haruslah menjadi pionir penting untuk menuju desa mandiri.

“Kegiatan ini juga merupakan pendampingan tahap awal untuk menunjang kemajuan Bumdes di Kabupaten Pohuwato. Bumdes harus menjadi salah satu pionir penting untuk menuju desa mandiri,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato, Nasir Giasi mengatakan untuk meningkatkan ekonomi daerah bukan hanya tugas pemerintah saja, peran Bumdes juga sangat diperlukan.

“Sehingga dengan peningkatan kapasitas ini, Bumdes harus berperan untuk menyumbangkan peningkatan ekonomi di masing-masing desa…”

“Saya berharap, melalui pelatihan sistem tata kelola desa akan lebih meningkatkan kualitas pengelolaan BUMDes secara lebih modern,” harapnya.

Artikel Gelar Sistem Tata Kelola Desa, Pemkab Pohuwato Rangkul BPU UNG pertama kali tampil pada Habari.id.

Read More

Contact Us